Tags

, , , , , , ,

Rahasia Kesuksesan BEAST or B2ST

b2st

Semua musim adalah generasi boy group, rahasia mereka meraih sukses.

Saat ini, Dong Bang Shinki dan BigBang adalah dua boy group yang mendominasi boy group lain. Jika kita menambah tim tambahan untuk membuat model 3 group? Banyak orang di indrusti musik akan menunjuk BEAST tanpa ragu-ragu.

Dibandingkan dengan senior yang telah menghabiskan 5-6 tahun sejak debut untuk sampai ke posisi ini, BEAST bahkan belum sampai 2 tahun. Mereka bahkan bukan dari entertainment sepert YG, SM, JYP yang telah menaklukkan pasar hiburan. Namun, BEAST telah “menaklukkan” industri musik Korea, dan bahkan “populer” di luar negeri.

Melihat jumlah penjualan album dari Gaon Chart, artis yang telah menjual lebih dari 100.000 album di tahun ini adalah Dong Bang Shinki, Big Bang, BEAST, and Kim Hyunjoong. Official album pertama “So Beast” yang telah mereka rilis pada tgl 10 menjadikan peringkat kedua dalam Oricon charts harian, dan ditempatkan pertama pada kedua dan offline penjualan album harian. Termasuk ‘Fiction’ dirilis pada bulan Juni, ‘Shock’, ‘Bad Girl’, dan masih banyak track ditempatkan sebagai peringkat atas pada situs mobile terbesar Japans yaitu, Recochoku, secara terus menerus.

Baru-baru ini, BEAST mengadakan fanmeeting/konser berskala besar di Malaysia, Singapore, Thailand, dan banyak lagi. Karena banyak yang meminta, Japan, China dan Taiwan juga masuk dalam list mereka. Di Paris, dimana konser SM Town diadakan, fans telah memberikan petisi agar BEAST bisa konser disana juga. Ini hampir seolah olah mereka telah mengambil “Hallyu Star”.
Apa rahasia kesuksesan mereka?

Salah satu ciri yang dapat dideteksi pertama adalah kombinasi yang aneh dan kepribadian anggota. Setiap anggota dalam BEAST, terdiri dari 6 anggota, memiliki penampilan khas mereka sendiri, bakat, dan karakter. Vokal utama Yang Yoseob (21) memiliki citra manis dengan kecerdasan yang tajam, sedangkan Leader Yoon Doojoon (22) telah memperoleh gelar “Kencan-idola” dan “Boyfriend-idola” yang ramah dalam semua fans perempuan yang lebih tua. Jang Hyunseung (22), yang menunjukkan kehebatan menari dan menyanyi yang kuat, telah mendapatkan popularitas dengan “bad boy” dan Lee Kikwang (21), yang telah menunjukkan banyak aktivitas di berbagai acara dan acting, dipenuhi dengan keakraban. Yong Junhyung (22), sebagai rapper, yang terkenal karena bakat musiknya dan Dongwoon member termuda (20) disebut “Male God” terima kasih untuk flower imagenya.

Choi Yonggoon, seorang kritikus budaya pop menyatakan, “Hari-hari ini kelompok idola memiliki kecenderungan untuk memiliki anggota yang sulit dibedakan satu sama lain, tapi orang-orang memamerkan penampilan dan pesona khas mereka sangat baik.”

Ia juga menambahkan, “Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa anggota lain yang berada di berbagai program banyak seperti Lee Kikwang dan Yoon Doojoon memiliki penggemar lebih antusias.”

Hal ini juga mengatakan BEAST yang memiliki keterampilan di bidang musik, yang mudah dikritik karena banyak kelompok idola. Kritikus musik Im Jinmo menyatakan, “Tidak hanya itu, Shinsadong Tiger (Komposer yang terutama membuat lagu BEAST) membuat musik benar-benar baik, BEAST memiliki kemampuan untuk mencerna dengan sangat baik secara khusus, anggota Yong Junhyung juga berpartisipasi dalam proses pembuatan musik menciptakan sebuah gambaran bahwa mereka adalah kelompok yang terampil.”

Dia menambahkan, “Karena konsep kelompok berbeda dan mereka memiliki keterampilan, ada kemungkinan tinggi bahwa mereka akan sukses di Jepang.”

Komunikasi dan care untuk para penggemar telah membantu mereka mendirikan fandom yang kuat dalam jangka waktu yang singkat. SBS Inkigayo Kwak Seungyoung PD berkomentar, “BEAST adalah kelompok yang tahu pentingnya penggemar dan tahapan, dan mereka menunjukkan hal itu dengan baik. Ada banyak orang yang berubah menjadi buruk setelah mereka menjadi bintang. Tapi mungkin itu karena BEAST mengalami banyak kesulitan karena mereka masih muda, BEAST selalu tetap sama.”

Setiap grup idola harus melalui waktu yang lama sebagai trainee, tapi untuk anggota BEAST, periode waktu yang telah mereka tempuh jauh lebih “kasar”. Jang Hyunseung telah menghabiskan waktu yang sangat lama sebagai trainee untuk Big Bang, tetapi pada tantangan terakhir, dia berakhir di eliminasi. Kembali kemudian Big Bang telah direncanakan untuk menjadi anggota kelompok berenam termasuk Jang Hyunseung, sehingga penghapusan itu merupakan pukulan besar baginya. Lee Kikwang telah memulai debutnya sebagai artis solo dari seorang JYP trainee, tapi ia tidak dapat menerima respon yang baik dan Yong Junhyung telah meninggalkan XING tim setelah menjadi anggota untuk sementara. Yoon Doojoon, setelah ia dipilih melalui audisi sebuah program TV, ia akhirnya menghabiskan waktu trainee untuk 2AM dan 2PM anggota di JYP selama bertahun-tahun. Karena peristiwa ini, ketika BEAST debut pada Oktober 2009, mereka diberi julukan, “kelompok daur ulang.”

Fan Service mereka adalah titiknya. Berbeda dengan kelompok idola lain yang bepergian dalam black suntanned vans seolah-olah mereka berada pada misi 007, BEAST menghadapkan diri untuk para penggemar secara langsung. Sangat mudah untuk menemukan mereka berbicara dengan fans mereka melalui twitter dan menemukan mereka memberikan minuman dingin atau paket panas untuk para fans yang datang untuk mengunjungi mereka pada siaran.

Mereka bahkan memamerkan kemurahan hati mengambil kamera digital dan ponsel para penggemar dan menggunakannya mengambil gambar atau video dari diri mereka sendiri sebelum mengembalikannya. Kwak PD menyatakan, “Biasanya ketika sebuah grup idola membuat comeback 500-600 penggemar muncul, tetapi pada bulan Juni ketika BEAST membuat comeback mereka, lebih dari 1000 penggemar muncul.”

Hal ini juga penting untuk dicatat sebagai keberuntungan mereka dalam memilih waktu. Ketika mereka mempromosikan, ada banyak kelompok gadis juga sedang promosi. Juga, Dong Bang Shin Ki dan Big Bang sedang istirahat, 2PM sedang dalam keadaan lelah dengan masalah Jaebum meninggalkan.

Satu asosiasi menyatakan, “Ini tampak seolah-olah kualitas bintang dasar mereka dan kesopanan dikombinasikan dengan kesempatan yang sempurna membuat mereka dapat meledak. Jika mereka hanya membuat kesempatan untuk mempelajari budaya dan bahasa dari negara-negara luar negeri, mereka akan memiliki kemungkinan untuk naik sebagai bintang hallyu yang memiliki dampak yang sangat kuat di luar negeri.”

CR: yeppopo