Tags

Korean Cuisine – Winter Street Snacks

Bungeo-ppang / Ingeo-ppang (wafer berbentuk ikan, dengan isi pasta kacang merah)

Bungeo-ppang atau ingeo-ppang, dikenal juga dengan sebutan hwanggeum Ingeo-ppang (roti berbentuk ikan mas), terbuat dari adonan tepung gandum dan beras yang diisi dengan pasta kacang merah. Bungeo-ppang lebih kenyal daripada hoppang karena tepung ketan yang digunakan. Kedai yang menjual bungeo-ppang bisa dilihat di sepanjang jalan di Seoul dan aromanya jelas terasa. Lima buah bungeo-ppang biasa dijual seharga 2,000 KRW (IDR 20000)!
Beberapa orang percaya, cara seseorang makan bungeo-ppang menunjukkan karakter mereka. Kepala atau ekor terlebih dahulu? Mereka yang menikmati bagian kepala terlebih dahulu, dianggap sebagai orang yang positif dan bersemangat. Sedangkan orang yang makan ekor terlebih dahulu, biasanya sensitif, romantis dan fashionable.

[ For Fun ] Analisa Karakter dari cara memakan Bungeo-ppang
*Makan kepala dahulu: santai, optimis, tidak peduli dengan hal-hal sepele, mengatakan apa saja yang ada di kepala, bersemangat
*Makan ekor dahulu: Berhati-hati. romantis dan peduli dengan detail, agak sulit menangkap perasaan orang lain.
*Makan bagian perut dahulu: Maskulin, aktif, ceria dan santai.
*Makan sirip dahulu: Temperamental dan kekanakan, penyendiri.
*Membagi menjadi dua dan makan ekor dahulu: Sopan, rajin menabung, rasional.
*Membagi menjadi dua dan makan kepala dahulu: Berkemauan kuat dan sesuai dengan rencana, agak pelit dan tidak suka meminjamkan uang.

Hoppang (steamed bun) —> ps . favoritnya SJ Kim Heechul

Bersamaan dengan udara yang dingin dan matahari yang terbenam lebih awal, hoppang adalah simbol datangnya musim dingin di Korea. Meskipun tidak ada alasan khusus kenapa hoppang adalah makanan khas musim dingin, tapi makanan ini jarang sekali muncul di musim lainnya. Hoppang terbuat dari adonan tepung dan kerap diisi oleh pasta kacang merah. isian lainnya bisa berupa sayuran, rasa pizza, kari dan lainnya. Sebuah hoppang biasanya dijual seharga  ₩700 ~ ₩1000 (IDR 7000-10000) dan dapat ditemukan di minimarket.


Baked Sweet Potatoes dan Roasted Chestnuts—> ps. favoritnya SNSD SeoHyun

Chestnut dipanen pada musim gugur dan ubi jalar siap dipanen pada bulan November. Karenanya, akhir musim gugur adalah musim bagi kacang chesnut dan ubi jalar panggang.Kacang chesnut dipanggang dalam waktu yang lama. Tak hanya untuk rasa yang lebih enak, tapi juga untuk memudahkan saat mau dikupas. Biasanya dijual dalambungkus kecil seharga 2,000 – 3,000 KRW (IDR 20000-30000).
Ubi manis biasa dipanggang di panci besar.  Ubi yang dipanggang lebih enak dibanding direbus dan lebih enak dinikmati ketika panas. Harganya bervariasi tergantung ukuran ubi, tapi biasanya dijual sekitar 2,000 KRW untuk 3 buah ubi. Kedua makanan ini biasanya dijual di dekat perumahan penduduk, stasiun kereta dan sekolah.

Tteokbokki (spicy Korean rice cakes)

Tteokbokki adalah salah satu makanan yang paling terkenal di Korea. Ia memiliki rasa yang sangat pedas, namun juga rasa manis. Garae Tteok berukuran panjang, kue beras yang dipotong lalu direbus, biasanya dihidangkan di Tahun Baru. Tetapi, garae tteok bisa dinikmati sepanjang tahun dalam Tteokbokki dimana mereka dicampur dengan  bumbu khas korea, pasta ikan, berbagai macam isian dan juga pasta cabe (gochujang) lalu direbus di atas api. Makanan ini disajikan dengan kuah kaldu yang direbus bersamaan. Makanan ini terkenal di musim dingin karena menghangatkan dan mengenyangkan. Kedai penjual tteokbokki bisa ditemukan di pinggir jalan Seoul, terutama di daerah Myeong-dong dan Jongno. Harganya berkisar 2,500- 3,000 KRW (IDR 25000-30000) per porsi dengan bonus tambahan kuahnya.

Kkochi Eomuk (skewered fish cake)

Dengan dinginnya angin musim dingin, orang Korea membutuhkan makanan yang hangat dan enak. Eomuk disiapkan dalam bentuk seperti sate dan direbus bersama lobak. Ini menyebabkan kuah yang berasa unik dan kerap diseruput saat memakn sate fish cake ini. Makanan ini tidak pedas seperti Tteokbokki, sehingga bisa dinikmati semua orang. Banyak yang bilang, rasa Eomuk dan tteokbokki saling melengkapi. Cobalah untuk memakan eomuk yang sudah direndam dalam kuah dan celupkan dalam kecap manis untuk menambah rasanya. Eomuk skewers biasa dijual seharga 500- 1000 KRW, adan biasa dijual bersamaan dengan kedai Tteokbokki.

Hotteok (Korean-style sugar pancake)

Hotteok adalah makanan yang manis dan sederhana yang biasa dikonsumsi saat musim dingin. Di Insa-dong, biasannya dipenuhi oleh kedai Hotteok. Hotteok terbuat dari adonan tepung ketan, yang ditekan di sebuah cetakan dan diisi dengan pasta yang terbuat dari gula, kacang, kayu manis dan kemudian di goreng dengan minyak panas. Berhati-hatilah, isian gulanya bisa sangat panas. Harganya sekitar 700 – 1,000 KRW (IDR 7000-10000).

 

cr : koreanindo